SEKILAS INFO
: - Thursday, 21-06-2018
  • 2 bulan yang lalu / Info PPDB , Bapak WAHYONO : 089605996680 – Bapak EKO PURWANTO : 087803602223 – Ibu HENI DANI : 083844149165
Ciptakan Mie Gembili, Berhasil Raih Juara 2 LKTIN Universitas Jember

SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu kembali torehkan prestasi sebagai juara 2 di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN). LKTIN yang diselenggarakan pada tanggal 1 September 2016 lalu bertempat di Universitas Jember Jawa Timur. Tema dari Lomba Karya Tulis Ilmiah ini adalah Peningkatan Daya Guna Pangan Lokal Berbasis Inovasi dan Teknologi. Lomba ini diikuti oleh 60 peserta dari beberapa provinsi di Indonesia seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Bengkulu. Berdasarkan seleksi Karya Tulis ilmiah yang dilakukan dewan juri, diambil 10 besar finalis LKTIN yang akan melakukan presentasi dan pameran produk di Gedung Mas Soerachman Universitas Jember. SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu berhasil meloloskan 2 timnya dalam 10 besar finalis yang berhak presentasi di Universitas Jember.

Pada lomba kali ini SMK Boedi Oetomo 2 menawarkan 2 produk pangan inovasi yaitu “Mie dari Tepung Gembili (Dioscorea esculenta) dengan Penambahan Bahan Pengawet Alami Ekstrak Daun Kemangi” dengan ketua tim Esti Lestari dan “Pemanfaatan Tepung Kulit Pisang dan Ampas Tahu Sebagai Biskuit Kaya Energi Protein” dengan ketua tim Mutia Eka Diniati. Judul-judul tersebut bersaing dengan delapan judul lainnya dari SMA lain yang lolos sepuluh besar diantaranya dari SMAN 1 Situbondo, MAN 2 Kediri, SMAN 8 Bulukumba, SMAN 10 Pentagon Kaur dan SMAN 1 Jember. Selain dinilai dari segi presentasi karya tulisnya, lomba ini juga dilakukan penilaian prototype produk oleh 30 panelis dari segi rasa, warna atau tampilan dan aroma. Berdasarkan nilai makalah, presentasi dan prototype produk maka di pilih juara 1 dari SMAN 1 Situbondo Jawa Timur atas nama Alifia Annisa Musawwana, Juara 2 SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, Cilacap Jawa Tengah atas nama Esti Lestari dan Juara 3 dari SMAN 1 Jember Jawa Timur atas nama M. Indra Caesar.
Esti Lestari sebagai peraih juara 2 LKTIN bersama rekan satu timnya Siti Khalimah merasa terharu dengan kemenangan ini.

Menurutnya, ia sempat tidak percaya diri karena mie dari tepung gembili yang dihasilkan berwarna hijau kecoklatan tidak seperti mie-mie pada umumnya. Hanya saja dari segi rasa tidak ada perbedaan dengan mie yang biasanya dan dari kandungan nilai gizinya mie dari tepung gembili ini lebih baik dibandingkan mie dari tepung terigu. Mie ini juga bebas bahan pengawet sintetis karena menggunakan bahan pengawet alami dari ekstrak daun kemangi yang membuat mie buatannya tahan selama 4-5 hari. Esti berharap dengan adanya mie dari tepung gembili ini dapat mengurangi penggunaan terigu berbahan dasar gandum yang bukan hasil produksi lokal masyarakat Indonesia. Esti juga berterimakasih kepada guru Pembimbing KIR Ibu Wahyuningsih, S. Si atas semua bimbingannya, pihak sekolah yang membantu dalam hal pendanaan dan seluruh Guru SMK Boedi Oetomo 2 yang telah mendukung dan ikut mendoakan kesuksesannya.

Ibu Dewan Twi Kusumaningtyas, S. Hum selaku kepala Sekolah SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu merasa bangga dengan capaian siswa-siswinya ini, beliau berharap produk ini bisa dikembangkan lebih lanjut sebagai produk Unggulan SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Cilacap. Sedangkan Bapak H. Soedarno, SH, ST, M. Si sebagai Ketua Yayasan Kader Penerus Teknologi yang membawahi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu mengatakan bahwa pihak yayasan selalu mendukung dan memfasilitasi penuh semua hal yang berkaitan dengan kemajuan SMK Boedi Oetomo, beliau ingin SMK Boedi Oetomo menjadi yang terdepan dalam prestasi dan memberikan penghargaan kepada siswa-siswinya yang berprestasi dengan bantuan biaya belajar atau beasiswa.

0Shares

Berita Lainnya

Video Terbaru

Maps Sekolah